1735262163458753
Loading...

GURU SEBAGAI CONTOH

Pada dasarnya perubahan perilaku  yang dapat ditunjukkan  oleh peserta didik harus dipengaruhi latar belakang pendidikan atau pengalaman yang dimiliki oleh seorang guru. Atau dengan perkataan lain, guru mempunyai pengaruh terhadap perubahan peri laku peserta didiknya.
Hasil gambar untuk guru sebagai contoh
Untuk itulah guru harus dapat menjadi contoh bagi peserta didik, karna pada dasarnya guru adalah representasi dari sekelompok orang pada suatu komunitas atau masyarakat yang  diharapkan dapat menjadi teladan.

Seorang guru sangat berpengaruh terhadap hasil  belajar yang dapat ditujukkan peserta didiknya. Untuk itu, apabila seseorang ingin menjadi guru yang professional maka sudah seharusnya dia dapat selalu meningkatkan wawasan pengetahuan akademisdan praktis melalui jalur pendidikan berjenjang atau pelatihan yang bersifat in servise training denga rekan2 sejawatnya.

Perubahan dalam cara mengajar, guru  harus dapat dilatih melalui peningkatan kemampuan mengajar sehingga kebiasaan lama yang kurang efektif dapat segera terdeteksi dan perlahan-lahan dihilangkan. Untuk itu, maka perlu adanya perubahan kebiasaan dalam cara belajar siswa, diantaranya sebagai berikut:

a.    Memperkecil kebiasaan cara mengajar guru baru (calon guru) yang cepat merasa puas dengan mengajar. Apabila banyak menyajikan informasi (ceramah) dan terlalu mendominasi kegiatan belajar peserta didiknya.

b.    Guru hendaknya berperan sebagai pengarah, pembimbing, pemberi kemudahan dengan menyediakan berbagi fasilitas belajar, pemberi bantuan bagi peserta yang mendapatkan kesulitan belajar, dan pencipta kondisi yang merangsang dan menantang peserta  untuk berfikir dan bekerja (melakukan).

c.    Mengubah dari sekedar metode ceramah dengan berbagi variasi metode yang lebih relevan dengan tujuan pembelajaran, memperkecil kebiasaan cara belajar peserta yang baru merasa belajar dan puas kalau banyak mendengarkan dan menerima informasi (diceramahi) guru, atau baru belajar kalau ada guru.

d.    Guru hendaknya mampu menyiapkan berbagai jenis sumber belajar sehingga peserta didik dapat belajar secara mandiri dan berkelompok, percaya diri, terbuka untuk saling member dan menerina pendapat orang lain, serta membina kebiasaan mencari dan mengelolah sendiri informasi.

By: 45

Bulletin Al-Ibtikar 6070206064859062785

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Popular Posts

Twitter

Random Posts

Jasa Pembuatan Makalah

Flickr Photo

Recent Comments